Rabu, 09 April 2014

Kelebihan dan Kekurangan Tinggal di Asrama



Kelebihan Dan Kekurangan Tinggal di Asrama
Assalamualaikum.
Kali ini gue mau sharing apa aja sih kelebihan dan kekurangan tinggal di asrama. Mungkin ada dari kalian yang sekarang juga lagi tinggal di asrama. Ini sih berdasarkan pengalaman gue selama tinggal di asrama. Mungkin aja ada yang sama. Oke cekidot!

KELEBIHAN:

1. Belajar bersosialisasi

Ya iyalah, secara di satu asrama aja ada ratusan orang tinggal bareng. Masa sih ga saling komunikasi satu sama lain? Pasti ada dong, karena secara kodratnya kita itu makhluk social yang ga bisa hidup sendiri dan pastinya membutuhkan bantuan orang lain. Nah ini kan bisa memperluas jaringan pertemanan kita kan. Bisa menambah teman. 

2. Belajar bertoleransi dan menghormati teman

Nah kalo tinggal di asrama, kita ga boleh seenaknya sendiri atau egois. Misalnya kita masih pengen main game atau nonton, atau ngobrol bareng teman lain sedangkan teman sekamar kita sudah mau tidur atau mau belajar. Nah, di sini kita dilatih untuk bertenggang rasa dengan teman kita itu. Ya misalnya dengan cara kalo mau nonton pake headset atau kalo lagi ngobrol volume suaranya bisa dikecilin. 

3. Jam tidur dan belajar lebih teratur

Biasanya di asrama itu ada peraturan yang harus diikuti baik asrama cowok atau asrama cewek. Nah diantaranya itu ya jam tidur dan jam belajar yang sudah diatur. Biasanya sih jam 8-10 malam itu adalah waktunya belajar dan jam 10 malam itu waktunya tidur. Kecuali ada yang masih pengen belajar atau buat PR sampe tengah malem ya itu ga masalah terserah dari siswa itu.

4. Bisa belajar dan bikin tugas bareng

Ini ada hubungan sama nomor 3 tadi. Karena di asrama itu tinggal rame-rame. Ya jelas menjadi keunggulan tersendiri lah. Misalnya ada ujian atau ada PR, kita bisa belajar bareng. Kita bisa bertanya kepada teman yang lebih pintar. Trus misalnya kita lupa bikin tugas, ada temen kita yang bisa ingetin. Trus bikin tugas bareng deh. Kan dengan begini lebih baik daripada belajar atau bikin tugas sendiri J

5. Belajar berbagi

Disini pengertian berbagi luas banget deh! Ada yang misalnya berbagi pengetahuan soal pelajaran yang kurang dimengerti. Ada juga berbagi makanan. Nah biasanya kalo dapat kiriman makanan dari orangtua bisa bagi-bagi lah sama teman sekamar. Sampe berbagi sabun atau shampoo. Yaaa namanya juga di asrama. Tapi ya ada batasnya juga soal ini. Apalagi kita masih ngandalin uang kiriman dari orangtua.

6. Belajar mandiri
Di asrama kan kita hidup sendiri ga sama orang tua dan jauh dari orang tua. Kita melakukan semua hal sendiri. Seperti mencuci baju sendiri, menyetrika sendiri, dan melakukan apa-apa sendiri tan pa bantuan orang tua. Jadi, kita bisa ebih mandiri dang a bergantung sama ornag tua.

KEKURANGAN:


1. Terlalu banyak peraturan

Males bahasnya deh! Udah pada ngerti lah semua.

2. Gak ada privacy

Buat para penyuka privacy  atau yang suka bersendirian, tinggal di asrama sangat tidak disarankan. Kenapa? Ya bisa stress! Apalagi ada asrama yang satu kamar bisa menampung 4 hingga 6 orang! Tapi bagi para penyuka keramaian yaa tinggal di asrama boleh juga tuh.

3. Teman sekamar yang nyebelin

Nah kalo ini pasti pada punya pengalaman masing-masing. Ada teman yang ga modal (minta dan pinjem terus-terusan), Tukang ngorok kalo tidur, Tukang gosip (buat cewek), Amburadul alias tukang bikin kamar berantakan, dan Masih banyak yang lainnya.

4. Resiko kehilangan barang

Untuk mereka yang ga bisa jaga barang atau careless, hati-hati kalo tinggal di asrama. Apalagi kalo punya barang bagus atau mewah. Kata bang napi kejahatan itu muncul bukan karena niat pelaku tapi karna ada kesempatan! Jadi hati-hati dan selalu simpan barang di dalam lemari dan kunci lemarinya. Ada baiknya kalo tidak ada orang di dalam kamar, pintu selalu dikunci.


KESIMPULAN
setelah membaca kelebihan dan kekurangan tadi, itu semua berpulang pada kalian semua. mungkin ada yang tidak cocok tinggal di asrama karena berbagai alasan. tapi ada juga yang bisa cocok. nah saran sih suntuk golongan yang terakhir, sebaiknya kalian kalo ada kesempatan tinggal di asrama untuk merasakan suka-duka nya. yang pasti setelah keluar dari asrama, pasti ada banyak kenangan yang tertinggal. baik suka ataupun dukanya.

ini ceritaku, apa ceritamu? :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar