Selasa, 08 April 2014

Man Insan Cendekia Jambi



Assalamualaikum
Hai hai, saya datang lagi~
Pengen cerita dikit nih.
Kali ini saya akan menceritakan tentang kehidupan saya di Man Insan Cendekia Jambi
Fyi, Man Insan Cendekia Jambi atau yang sering disingkat man ic jambi adalah sebuah sekolah berbasis islamic boarding school yang berada di km.21 kec.jaluko kab.muaro jambi provinsi jambi. Di depannya terdapat sebuah sekolah yang sudah terlebih dahulu berdiri dan berbasis semi militer boarding school yg bernama sman titian teras h, Abdurrahman sayoeti yang merupakan saingan terberat man ic jambi di ajang-ajang olimpiade maupun lomba lainnya baik dalam tingkat kabupaten maupun provinsi.

Man ic jambi ini merupakan salah satu dari 3 man ic yang ada di Indonesia yaitu man ic serpong dan man ic gorontalo yang telah lama berdiri. Man ic serpong dan gorontalo didirikan oleh mantan presiden ketiga RI, yaitu bapak B.J Habiebie sedangkan Man ic jambi didirikan langsung oleh kementerian agama RI provinsi jambi.
Pada awal berdiri, man ic jambi bernama man cendikia jambi. Lalu pada tahun 2014 nama ini berubah menjadi Man insan cendekia jambi dengan pengesahan oleh menteri agama RI yang diwakilkan oleh wakil menteri agama RI di gedung sport hall Man ic Jambi dan statusnya sudah disama ratakan dengan 2 man ic lainnya
Man ic jambi tidak seperti pondok pesantren. Disini, iptek dan it nya lebih diutamakan, tetapi tidak melupakan imtaq yang juga sangat dijunjung tinggi. Pada tahun 2013, Man ic jambi pertama kalinya membuka pendaftaran siswa baru secara nasional. Dari 2000 orang lebih pendaftar, hanya 120 orang yang diterima. Ini berarti, hanya siswa-siswi terbaik yang bisa mengenyam pendidikan di Man ic jambi ini
Alhamdulillah saya salah satu diantaranya~ Bukannya sombong, mungkin hanya saja saya lagi beruntung :3
Oke untuk lebih jelasnya mengenai man ic jambi ini, kalian cari saja informasinya di google~

Sekarang kita lanjut ke segmen selanjutnya (apaan coba)
Ini kegiatan kami selama satu minggu penuh.

Kegiatan dari hari senin-kamis
        Pagi hari, sekitar jam 5, kami pergi ke masjid untuk melaksanakan sholat shubuh berjamaah. Ada beberapa orang yang berlari karna takut terlambat. Soalnya, kalo terlambat ke masjid saat sholat shubuh dan maghrib, itu dapat hukuman saat selesai sholat asar. Sholat shubuh berlangsung sekitar setengah jam. Setelah sholat shubuh kami bersiap-siap untuk berangkat ke sekolah.
      Pada pukul 06.00 kami melaksanakan apel di depan asrama masing-masing. Tidak boleh terlambat, karena akan dihukum. tapi, terkadang beberapa orang tetap saja terlambat~ Materi apel dibacakan oleh kakak kelas 11. Apel pagi berlangsung sekitar 15 menit. Pada saat apel pagi, dibacakan hasil sidak kamar dan mukena di masjid. Kamar-kamar yang terkena sidak diharuskan lari 2 kali keliling lapangan voli setelah apel.
        Setelah apel, kami pergi sarapan ke kantin. Ada yang langsung ke kantin, tapi ada juga yang kembali ke asrama dulu untuk mengambil tas, menjemur pakaian, ke kamar mandi, atau melakukan hal lainnya yang mungkin terlupa sebelum berangkat ke sekolah. Saat sarapan, kami diberi susu kotak.
        Setelah sarapan, kami berbaris per angkatan untuk berangkat ke sekolah. Siswi putri melewati jalan disamping perpus, sedangkan siswa putra melewati jalan di depan masjid.
        Sebelum bel berbunyi, kakak2 anggota osis memberikan motivasi untuk hari ini melalui toa di masjid, dan setelah itu tiap kelas diwajibkan untuk membacakan Surah Al-Waqiah sebelum belajar. Bel berbunyi sekitar pukul 07.00. sambil menunggu guru datang, beberapa orang ada yang bermain laptop, membaca buku, atau sekedar mengobrol bersama teman mereka. Kegiatan KBM berlangsung hingga pukul 09.40. Lalu kami diberi waktu istirahat sekitar 15 menit. Di saat istirahat, beberapa orang pergi ke masjid untuk sholat dhuha, ada juga yang pergi ke kopsis untuk mengisi perut setelah lelah belajar, da nada juga yang tetap berada di kelas untuk bermain laptop dan sebagainya.
        Pukul 10.00 bel berbunyi. KBM pun dilanjutkan hingga pukul 12.00. Saatnya istirahat, sholat dan makan. Kami pun pergi ke masjid untuk melakukan sholat zuhur berjamaah. Setelah selesai solat, kami pergi ke kantin untuk makan siang. Bel berbunyi sekitar pukul 13.00 dan KBM dilanjutkan hingga pukul 15.30.
       Sebelum pulang, beberapa orang melaksanakan piket kelas sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, sedangkan yang tidak piket, langsung menuju ke masjid untuk melakukan solat ashar berjamaah. Setelah selesai solat asar, diberikan vocab untuk kelas 10 dan 11, yang mana vocab itu harus kita hapalkan dan kita setor ke pemberi vocab pada hari jumat sampai hari minggu sore. Siapa yang tidak menyetor vocab, akan mendapat hukuman. Di sela-sela pemberian vocab, diumumkanlah siapa saja pelanggar bahasa, imtaq dan tatib pada hari itu. Dan si pelanggar akan di eksekusi setelah selesai pemberian vocab di lapangan eksekusi di depan masjid sesuai dengan apa yang dia langgar.
       
     Setelah selesai vocab, kami kembali ke asrama untuk beristirahat dan melakukan kegiatan lainnya seperti mencuci, menyetrika, berolahraga, jajan di kopsis, mandi, dan sebagainya~ Pada pukul 05.45 kami pergi ke kantin untuk makan malam, setelah itu langsung berangkat ke masjid untuk melaksanakan solat maghrib berjamaah. Setelah solat maghrib, kami melakukan tadarus per kelas di masjid hingga azan isya berkumandang. Lalu kami melaksanakan solat isya berjamaah.
Setelah solat isya, kami pergi ke kantin untuk mengambil snack. Setelah itu kami kembali lagi ke masjid untuk tutorial; pada senin sampai rabu malam, dan intensif olimpiade untuk kamis malam.Selesai tutor sekitar pukul 22.00 dan kami kembai ke asrama untuk tidur~

        Kegiatan pada hari jumat tak jauh berbeda dengan hari senin sampai kamis. Hanya saja ketika anak cowok melakukan solat jumat, kami kembali ke asrama untuk melakukan kegiatan keputrian, seperti tata boga, membuat kerajinan tangan, fashion show, dan sebagainya. Beberapa orang cewek perwakilan tiap kamar pergi ke asrama cowok untuk bulis, karena pada saat solat jumat maling sering mencari kesempatan untuk mengambil barang2 milik anak cowok. Pada malam harinya, tidak dilaksanakan tutor, melainkan dilaksanakan kegiatan muhadharah di kelas masing2 sampai pukul 22.00.

        Kegiatan di hari sabtu berbeda di hari-hari sebelumnya. Setelah sarapan, kami pergi ke lapangan parker unruk melakukan senam pagi. Setelah senam, kami melakukan kegiatan bebas sebelum pukul 09.00. Pada pukul 09.00 atau lebih, kami melakukan intensif olimpiade di kelas olim masing-masing hingga azan zuhur berkumandang~
       Setelah solat dan makan siang, kami pulang bulanan (minggu ke-1 untuk cowok dan minggu ke-2 untuk cewek) atau melakukan kegiatan pramuka (pada minggu ke-3 dan ke-4) setiap bulannya. Namun, jika tidak kegiatan kami pun beristirahat di kamar hingga azan asar. Setelah melakukan solat asar, kami melakukan kegiatan bebas hingga azan maghrib. Setelah solat maghrib dan isya, kami melakukan kegiatan bebas hingga azan subuh keesokan harinya.

        Di hari minggu, setelah solat subuh kami melakukan krida, yaitu lari pagi mengitari jalanan dan lapangan basket. Dan kemudian dilanjutkan dengan olahraga masing-masing, seperti voli, futsal, basket, bulu tangkis dan olahraga lainnya.
       Pukul 07.30 kami sarapan ke kantin. Setelah sarapan kami melakukan goro (gotong royong) di asrama masing-masing hingga pukul 09.30. Setelah goro, kami melakukan kegiatan bebas hingga malam.


Ini beberapa kegiatan yang diselenggarakan selain dijadwal KBM.
PPDB (penerimaan peserta didik baru)
Yang diselenggarakan mendekati awal tahun pelajaran baru.


PTA (penerimaan tamu ambalan)
Diselenggarakan kemah selama 3 hari sebagai acara penerimaan tamu ambalan, yaitu siswa baru kelas 10
Socha (soul of champ)
Yaitu olimpiade pelajaran matematika, fisika, biologi, ips dan agama untuk siswa SMP se-provinsi Jambi.
Pilkosis (pemilihan ketua osis)
Yaitu pemilihan ketua dan wakil ketua osis yang baru

Class meeting
Diselenggarakan setelah ujian akhir semester selama seminggu untuk mengisi waktu kosong setelah ujian dan sebelum penerimaan raport

Beberapa fasilitas di Man IC Jambi.
1.       Gedung sekolah
Digunakan sebagai tempat pelaksanaan kegiatan KBM setiap harinya



2.       Gedung asrama
Sebagai tempat tinggal siswa-siswi selama bersekolah di Man ic jambi. Disini, terdapat 4 gedung asrama dan 1 asrama baru yang masih dalam tahap pembangunan
3.       Masjid
Merupakan tempat beribadah siswa, siswi, guru-guru dan karyawan lainnya, seperti solat, mengaji, tutorial, intensif dan lainnya. Sosialisasi dari berbagai pihak juga sering dilaksanakan disini.

4.       Sport Hall
Digunakan sebagai tempat untuk bermain futsal dan terkadang digunakan sebgai tempat untuk menyelenggarakan acara-acara besar seperti WPS, penyambutan menteri atau gubernur, dan lain-lain.
5.       Kantin
Merupakan tempat siswa-siswi dan guru-guru untuk sarapan, makan siang, makan malam dan mengambil snack. Merupakan tempat terbising di cendekia.
6.       Kantor Utama
Adalah tempat kerja kepala Madrasah, kepala TU dan staf lainnya.

7.       GSG (Gedung Serba Guna)
Tempat yang sering digunakan untuk melakukan olahraga bulu tangkis dan tenis meja. Kegiatan class meeting, pensi dan CAN (Cendekia Award Night) juga diselenggarakan di sini.
8.       Perpustakaan
Terletak di belakang lab. Kimia, merupakan tempat membaca, mencari buku dan terkadang dijadikan tempat ngadem :D

9.       Lab Bahasa
Digunakan saat pelajaran bahasa arab dan bahasa inggris, terkadang dijadikan tempat ngadem :D

10.    Lab Komputer
Digunakan saat pelajaran TIK

11.    Lab Biologi
Digunakan untuk praktek pelajaran Biologi
12.    Lab Kimia
Digunakan untuk praktek pelajaran Kimia
13.    Poliklinik
Adalah tempat berobat untuk siswa-siswi man ic jambi.
14.    Lapangan Basket
Terletak di depan poliklinik, merupakan tempat untuk bermain basket
15.    Lapangan Sepakbola
Merupakan tempat untuk bermain bola, dan terkadang digunakan saat jam pelajaran olahraga
16.    Lapangan Upacara
Digunakan saat upacara bendera hari senin di setiap bulannya.
17.    Lapangan Parkir
Tempat parkir untuk kendaraan-kendaraan yang berkunjung ke Man ic jambi, terletak di depan pintu gerbang Madrasah.

18.    Tempat Parkir Guru
Adalah tempat parkir kendaraan khusus untuk guru, terletak di dekat gedung sekolah.
19.    Lahan Mulok
Yaitu lahan yang diolah, ditanam dan digunakan saat pelajaran mulok pertanian.

20.    Lapangan voli
Terletak di depan gedung asrama A dan digunakan untuk bermain voli dan digunakan sebagai tempat untuk apel pada hari minggu.
21.    Kopsis (koperasi siswa)
Adalah tempat nongkrongnya anak-anak cendekia ketika sedang lapar. Menjual beberapa jenis makanan ringan, dan di sore menjual makanan berat seperti bakso, gorengan, dll.

22.    Tempat Laundry
Terletak di dekat masjid, merupakan rumah petugas laundry.
23.    Rumah syekh
Terletak di dekat asrama C, adalah tempat syekh tinggal selama mengajar di ic jambi.
Dan beberapa fasilitas lainnya yang mungkin tak bisa disebutkan disini.

Oke, sekian cerita dari saya teman, maaf jika kurang lengkap. Karena, saya baru beberapa bulan berada disini. Silahkan berkunjung ke sini di hari sabtu dan minggu. Wasalam.

12 komentar:

  1. ka mau tanya dong mengenai asrama satu kamar untuk berapa orang ya? terus boleh bawa handphone gak kak...? bisa tolong posting foto kamarnya gak ka :D

    BalasHapus
  2. Ummi : 1 kamar isinya 6 orang dek . Hape tidak diperbolehkan . Ga ada foto kamar. Kapan-kapan ya .

    BalasHapus
  3. katanya ada kolam renangnya apa benar?

    BalasHapus
  4. katanya ada kolam renangnya apa benar?

    BalasHapus
  5. slam
    saya didik kurniawan siswa baru icj jambi 2015 angkatan IX....... mksih kk info ny jdi nya saya bisa siap2. thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah ada program seperti hafalan alquran (hafidz) untuk putri di man ic jambi

      Hapus
  6. Apakah ada program seperti hafalan alquran (hafidz) untuk putri di man ic jambi

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum wr.wb..
    Penerimaan siswa baru, itu dari sekoalah asal yg terbaik, dan kemudian bisa sekolah icj. Tetapi, klo daftar siswa baru personal apa boleh??
    Terima kasih..

    BalasHapus